header-int

Kuliah Umum Prof Mahfud MD

Sabtu, 18 Feb 2017, 23:44:42 WIB - 81 View
Share
Kuliah Umum Prof Mahfud MD

Sabtu (1/01/2017), Ancaman perang asimetris di Indonesia cukup beragam. Menurut mantan Rektor UPN, Koesnadi, ancaman perang asimetris ini dapat berwujud perkembangan paham radikalisme atau terorisme, penguasaan sumber daya oleh negara lain, pencurian sumber daya laut oleh kapal-kapal asing, dan ketergantungan pada produk luar negeri secara berlebihan.

Dalam hal ini, dunia pendidikan menjadi elemen penting dalam bela negara karena dunia pendidikan adalah wadah pemikir (think thank) yang strategis untuk mencetak warga negara yang sadar Bela Negara melalui pola pikir yang nasionalis dan patriotik, warga negara yang sadar bahwa ancaman tidak datang secara fisik saja tetapi melalui aspek kehidupan sehari-hari, seperti ketahanan pangan, pandangan radikal, dan aliran informasi yang hipersonik yang tidak terbendung.

Demi memperkuat peran institusi pendidikan dalam mencegah peran asimetris, Gubernur Lemhanas RI, Budi Susilo merekomendasikan beberapa hal, antara lain institusi pendidikan nasional perlu meredefinisi makna negara sebagai hal yang patut dibela dengan terus memperhatikan kondisi geopolitik kekinian.

UNISKA Program Pascasarjana Universitas Islam Kadiri memiliki tiga program studi pilihan yaitu Magister Manajemen, Magister Ilmu Hukum dan Megister Agribisnis. Dengan Motto Excellent in Quality dan pengajar yang profesional di bidangnya dengan penuh komitmen menghasilkan lulusan yang penuh kontribusi kepada kemajuan ilmu pengetahuan.
© 2018 Program Pascasarjana UNISKA Follow Program Pascasarjana UNISKA : Facebook Twitter Linked Youtube